Jumat, 02 November 2012

Pengertian Desain Bahan Ajar


  Desain Bahan Ajar
Menurut Gagnon dan Collay (Taufiq: 2012) desain bermakna adanya keseluruhan, struktur, kerangka atau outline, dan urutan atau sistematika kegiatan . Sedangkan menurut Smith dan Ragan (Taufiq: 2012), kata desain juga dapat diartikan sebagai proses perencanaan yang sistematika yang dilakukan sebelum tindakan pengembangan atau pelaksanaan sebuah kegiatan..
Menurut Depdiknas ( Kurniawati : 2011) definisi bahan ajar yakni sebagai berikut :
1.        Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan guru/instruktur untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran.
2.        Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/ instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. (National Center for Vocational Education Research Ltd/National Center for Competency Based Training).
3.        Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar. 
            Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar merupakan segala bentuk bahan yang disusun secara sistematis untuk membantu melaksanakan kegiatan belajar mengajar sehingga tercipta lingkungan atau suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar. Lebih lanjut disebutkan bahwa bahan ajar berfungsi sebagai :
a.      Pedoman bagi Guru yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam
proses pembelajaran, sekaligus merupakan substansi kompetensi yang  seharusnya diajarkan kepada siswa.
b.      Pedoman bagi Siswa yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran, sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya dipelajari/dikuasainya.
c.       Alat evaluasi pencapaian/penguasaan hasil pembelajaran.
            Sebagaimana fungsinya diatas, maka sebuah bahan ajar paling tidak mencakup antara lain :
1.      Petunjuk belajar (Petunjuk siswa/guru)
2.      Kompetensi yang akan dicapai
3.      Isi materi pembelajaran
4.      Informasi pendukung
5.      Latihan-latihan
6.      Petunjuk kerja, dapat berupa Lembar Kerja (LK)
7.      Evaluasi
8.      Respon atau balikan terhadap hasil evaluasi
Maka pengertian desain bahan ajar adalah kerangka atau outline bahan ajar yang disusun secara sistematis dan menyeluruh melalui proses perencanaan.

Daftar Pustaka :


Kurniawati, R. (2011). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatan Berpikir Logis Siswa SMP. Karya Ilmiah, Bandung
Taufiq. (2012). Pengertian, Komponen dan Desain Pembelajaran[Online]. Tersedia http://taufiqslow.blogspot.com/2012/01/pengertian-komponen-dan-desain.html 

0 komentar:

Poskan Komentar

Mengenai Saya

Foto Saya
Fery Ferdiansyah, lahir di Bandung 16 Agustus 1992. Anak pertama dari tiga bersaudara, saat ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI Bandung.