Desain
Bahan Ajar
Menurut Gagnon dan
Collay (Taufiq: 2012) desain
bermakna adanya keseluruhan, struktur, kerangka atau
outline, dan
urutan atau sistematika
kegiatan . Sedangkan
menurut Smith dan Ragan (Taufiq: 2012), kata desain juga dapat diartikan sebagai proses perencanaan yang
sistematika yang dilakukan sebelum tindakan pengembangan atau pelaksanaan
sebuah kegiatan..
Menurut Depdiknas ( Kurniawati : 2011) definisi
bahan ajar yakni sebagai berikut :
1.
Bahan
ajar merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan
guru/instruktur untuk perencanaan dan penelaahan
implementasi pembelajaran.
2.
Bahan
ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/ instruktur
dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan yang dimaksud bisa
berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. (National Center for Vocational Education Research Ltd/National Center
for Competency Based Training).
3.
Bahan
ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis
maupun tidak sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk
belajar.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa
bahan ajar merupakan segala bentuk bahan yang disusun secara sistematis untuk
membantu melaksanakan kegiatan belajar mengajar sehingga tercipta lingkungan
atau suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar. Lebih
lanjut disebutkan bahwa bahan ajar berfungsi sebagai :
a. Pedoman bagi Guru yang akan mengarahkan semua
aktivitasnya dalam
proses
pembelajaran, sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya diajarkan kepada siswa.
b. Pedoman
bagi Siswa yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran,
sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya
dipelajari/dikuasainya.
c. Alat
evaluasi pencapaian/penguasaan hasil pembelajaran.
Sebagaimana fungsinya diatas, maka
sebuah bahan ajar paling tidak mencakup antara lain :
1. Petunjuk
belajar (Petunjuk siswa/guru)
2. Kompetensi
yang akan dicapai
3. Isi
materi pembelajaran
4. Informasi
pendukung
5. Latihan-latihan
6. Petunjuk
kerja, dapat berupa Lembar Kerja (LK)
7. Evaluasi
8. Respon
atau balikan terhadap hasil evaluasi
Maka
pengertian desain bahan ajar adalah kerangka atau outline bahan ajar yang
disusun secara sistematis dan menyeluruh melalui proses perencanaan.
Daftar Pustaka :
Daftar Pustaka :
Kurniawati, R. (2011). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model
Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatan Berpikir Logis
Siswa SMP. Karya Ilmiah, Bandung
Taufiq. (2012). Pengertian, Komponen dan Desain Pembelajaran. [Online]. Tersedia http://taufiqslow.blogspot.com/2012/01/pengertian-komponen-dan-desain.html
0 komentar:
Posting Komentar