Jumat, 02 November 2012

Contoh Lembar Kerja Kelompok (LKK)


LEMBAR KERJA KELOMPOK (LKK)

Materi Pokok              : Sistem Persamaan Linier Dua Variabel
Kelas/Semester            : VIII/2
Waktu                         : 1 x 40 menit
Kelompok                   : 1. .................................
                                      2. .................................
                                      3. .................................
                                      4. .................................
Standar Kompetensi
Memahami sistem persamaan linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya.
Petunjuk pengisian Lembar Kerja Kelompok (LKK).
1.      Bacalah dengan hati-hati pertanyaan, informasi, dari data yang diberikan dan jawablah pertanyaan-pertanyaan dari masalah yang dikemukakan.
2.      Pada kertas lain, buatlah catatan tentang hal-hal penting dari hasil bacaanmu, baik yang telah kamu pahami ataupun yang belum dipahami.
3.      Diskusikan hasil pemikiranmu dengan teman sekelompok.
4.      Jika dalam diskusi kelompokmu masih terdapat masalah yang tidak dapat diselesaikan, bertanyalah kepada gurumu.







·         Aldi mempunyai 30 lembar uang pecahan Rp 1000 dan 10 lembar uang pecahan Rp 5000. Di suatu Mall Aldi membeli sebuah kaset seharga Rp 25.000,00. Tentukan kemungkinan cara Aldi membayar kaset tersebut dengan uang yang ia punya !

Rp 1000
Rp 5000



Apabila seluruh uang yang dimiliki Aldi setelah dibelikan kaset tersisa 27 lembar. Tentukan berapa lembar uang pecahan Rp 1000 dan Rp 5000 yang dipakai Aldi untuk membayar kaset tersebut!
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

·         Jika Aldi membayar kaset tersebut dengan sembilan lembar dari uang yang ia punya, tentukan berapa lembar uang pecahan 1000 dan 5000 yang ia pakai. Selesaikan permasalahan tersebut dengan menggunakan model matematika!











·         Dua  tahun yang lalu jumlah umur Nadia dan Astira adalah 28. Dua tahun yang akan datang lima kali umur nadia sama dengan empat kali umur Astira. Berapakah umur Nadia dan Astira sekarang?













·         Dengan beberapa contoh diatas yang menunjukkan kaitan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dengan kehidupan sehari-hari. Berilah contoh masalah lainnya dari kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV beserta model matematikanya!

1 komentar:

Is Titanium expensive? - iTanium Art
‎Vitamin titanium vs platinum D titanium nose rings and calcium. These are not trekz titanium headphones all titanium teeth k9 the titanium bar stock same! › vitian-arts-pic › vitian-arts-pic

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Fery Ferdiansyah, lahir di Bandung 16 Agustus 1992. Anak pertama dari tiga bersaudara, saat ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI Bandung.